Satu mimpi terwujud berkat #XLaluHore: Hong Kong - Shenzhen

Salah satu mimpi saya adalah bisa jalan-jalan ke bekas koloni Inggris yang heits banget itu, Hong Kong. Bolak-balik buka situs airlines cari penerbangan murah, harga tiket pp masih tetap JAUH di atas bajet. Mimpi aja lu ndro.

Sampai suatu hari: MAKJEGAGIK! Ada ajakan dari XL Axiata buat ikutan #XLaluHore ke Hong Kong plus Shenzhen. MAMAAAAAK! Gak pake mikir, langsung saya respon: IKOOOT!

Jadilah saya, dan 31 orang lainnya (media, perwakilan XL Axiata, dan para blogger/tuips) berangkat tanggal 18 April malam. MAMAAAAAK, NAEK GARUDA INDONESIA! Sebelum berangkat sudah dibekali pulsa yang dikirim para alien berjumlah asoy geboy bener. Misi utama: Mari kita tes sinyalnya XL di HK dan Shenzhen sana. Okesip.

5 jam perjalanan, dan….tadaa.. HONG KONG! Buru-buru nyalain hape, pengen tau kayak gimana sinyal XL Axiata kalo di Hong Kong. Dan ternyata…..beuh…. di BB cuma dapet GPRS, tapi maknyoss speednya. Lebih asolole daripada di negeri sendiri :))) Apa kabar yang dapet 3G cobak.

Nyampe Hong Kong gak pake istirahat, langsung digiring ke bus buat ke Shenzhen, rencananya mau mengunjungi Huawei yang mana adalah perusahaan terbesar di sana. Sumpe itu areanya gede banget, kayak kota dalam kota. Di sana dapet perlakuan VIP dong. Yang biasa jadi rakyat jelata, di sana jadi tamu agung doooong. Ahohoy!

Berhubung di sana gak bisa pakek kartu XL Axiata, jadi masing2 dikasihin kartu lokal, China Telecom. Yang mana ternyata gak bisa dipake ngetweet T_____T Sebagai tuips, saya merasa gagal ( ._.) Tapi setidaknya bisa heboh sms dan telpon ke Indonesia, unlimited. Asli gak abis-abis itu pulsanya :))

DI Shenzhen hanya semalam, pagi-pagi sudah kembali ke Hong Kong. Dan akhirnya… bisa twitteran \(^o^)/

Di Hong Kong di kasih tahu bahwa kalau ke beberapa negara tertentu, kita akan dapet gratis BB roaming selama 3 hari pertama (salah satunya di Hong Kong). Langsung ngecek pulsa dong. Astajim, kirain udah berkurang jauh karena BBan melulu, ternyata….utuh sodara-sodara! Bayangin. Utuh! Saya sebagai tim fakir pulsa, langsung bahagia gitu. Uyeah.

Waktu jalan-jalan keliling Asia Tenggara awal tahun 2011, saya pake operator lain. Di tiap negara, saya terpaksa beli kartu SIM lokal. Karena kalo pake kartu operator itu, adodoe mahalnya roaming BB, telpon, dan sms.

XL Axiata ngasih tau bahwa kalau pergi ke beberapa negara, nelpon ke dan nerima telpon dari Indonesia pake kartu XL cuma Rp 3.500/menit. Yumari kita bandingin sama yang belasan dan puluhan ribu per menitnya -_____-

Smsan juga ternyata harganya sama, Rp 3.500/sms. Dan kalo kita nerima sms: GRATIS. Ahey! Walhasil selama di perjalanan, saya berkali-kali smsan sama partner, dan nyengir asoy tiap ngecek pulsa yang berkurangnya dikit.

Nih daftar negara-negara yang bisa kamu kunjungi tanpa perlu ganti SIM card XL Axiata kamu, dan bisa nikmatin free BB Roaming dan flat rate Rp 3.500 tadi.

Selama di Hong Kong, kami jalan-jalan ke Madame Tussauds, naik Victoria Tram (menuju Victoria Peak dengan kemiringan asoy 27 derajat), dan tentu sajaaa…. DISNEY LAND!

Total dari tanggal 19 - 21 April geng XLaluHore muter-muter Hong Kong + Shenzhen. Gak ada keluhan sama sekali soal jaringan selama di Hong Kong. Lah piye, wong lebih cepet di sana kebanding di Indonesia :D